AD

sponsored

Soal Essay dan Kunci Jawaban Sistem Saraf

Posting Komentar

Soal Essay dan Kunci Jawaban Sistem Saraf dan pembahasan lengkap untuk kelas 9 dan 11 atau yang lainnya dari soal un dan hots

Berikut ini soal essay sistem saraf pada manusia yang bisa anda baca dan pahami dengan baik. Soal-soal ini diambil dan bisa digunakan untuk jenjang smp ataupun sma, seperti kelas 9 dan 11.

SOAL ESSAY SISTEM SARAF

1.Jelaskan yang dimaksud dengan sum-sum tulang belakang (spinal cord) !

2.Jelaskan tentang sistem limbik !

3.Apa itu sistem saraf tepi ?

4.Tuliskan jenis saraf tepi !

5.Beberapa urat saraf bersatu membentuk jaringan urat saraf yang disebut pleksus. Ada 3 buah pleksus yaitu sebagai berikut:

6.Apa itu Sistem syaraf simpatik dan parasimpatik 

7.Apa fungsi saraf kita?

8.Apa yang dimaksud sinapsis?

9.Apa tugas dendrit?

10.Apa tugas neurit?


JAWABAN

1.Sum-sum tulang belakang merupakan kelanjutan dari medula oblongata. Bagian ini terus berlanjut kebelakang sampai tulang belakang. Panjang sum-sum tulang belakang sekitar 42 cm sampai 43 cm. Sum-sum tulang belakang dilindungi oleh rongga tulang belakang dan dilapisi oleh meninges. Terdapat 31 pasang saraf spinal cord yang terbagi atas 8 di serviks, 12 di thoracic, 5 di lumbar, 5 di sacral, dan 1 di coccygeal.

2.Sistem limbik terletak di otak tengah, yaitu pada celebral cortex, thalamus, dan hypothalamus. Komponen limbik antara lain hipotalamus, thalamus, amigdala, hipocampus dan korteks limbik. Sistem limbik berfungsi menghasilkan perasaan, mengatur produksi hormon, memelihara homeostasis, rasa haus, rasa lapar, dorongan seks, pusat rasa senang, metabolisme dan juga memori jangka panjang.

3.Sistem saraf tepi merupakan kumpulan saraf yang merupakan lanjutan dari otak dan spinal cord. Sel-sel saraf ini membawa impuls dari dan ke saraf pusat.

4.Berdasarkan impuls saraf yang dibawa sistem saraf tepi dibagi menjadi sistem saraf aferen (membawa impuls ke saraf pusat) dan eferen (yang membawa impuls ke efektor). Sedangkan, berdasarkan asalnya sistem saraf tepi dibagi menjadi saraf sum-sum tulang belakang (spinal) dan saraf otak (cranial)

5.a. Pleksus cervicalis merupakan gabungan urat saraf leher yang mempengaruhi bagian leher, bahu, dan

b. Pleksus brachialis mempengaruhi bagian

c. Pleksus Jumbo sakralis yang mempengaruhi bagian pinggul dan kaki.

6.Sistem syaraf parasimpatik disebut dengan cholinergic karena diaktivasi oleh acetylcholin yang dihasilkan oleh post ganglion. Sedangkan systen syaraf simpatik disebut adrenergic karena umumnya postganglionig meleparkan norepineprin. Sistem syaraf parasimpatik umumnya disebut sebagai “housekeeping system’ yang menyebabkan organ (jantung, organ pencernaan, dll) dalam dapat bekerja secara normal (homeostatis). Sistem syaraf simpatik bekerja dalam keadaan stress sehingga disebut dengan “fight or flight” system. Kondisi stress ini ditandai dengan peningkatan detak jantung, tekanan darah, dilatasi bronchioles pada paru dan lain sebagainya.

7.Saraf adalah pengatur pekerjaan (koordinator) alat tubuh dan penyelenggara hubungan dengan keadaan luar (komunikasi)

8.Sinapsis adalah pertemuan kedua ujung neurit dan dendrit yang bercabang-cabang

9.Tugas dendrit adalah pembawa rangsang ke badan neuron

10.Penghantar rangsang dari tubuh neuron

Related Posts

Posting Komentar