AD

sponsored

Soal dan Kunci Jawaban Artikel Opini + Pembahasan

Posting Komentar
Soal dan Kunci Jawaban Artikel Opini + Pembahasan
Soal artikel opini biasanya bisa anda jumpai pada smp atau sma, khususnya untuk kelas 12. Tentunya materi ini akan anda jumpai pada mata pelajaran bahasa indonesia yang biasanya juga bersamaan dengan materi fakta.

Soal Artikel Opini bahasa indonesia

(1) Udara di Bogor terasa dingin. (2) Kali ini dinginnya melebihi hari-hari sebelumnya. (3) Dinginnya suhu udara di Bogor mencapai 24ᵒC. (4) Data tingkat suhu udara ini, terdapat di papan informasi pengukur suhu di jalan-jalan besar di kota Bogor.

1.Dua kalimat pendapat pada teks tersebut ditandai dengan nomor...

A. (1) dan (2)

B. (2) dan (3)

C. (1) dan (3)

D. (2) dan (4)

E. (3) dan (4)


(1) Pemkot Depok telah menertibkan 700 pedagang kaki lima (PKL) yang menggelar dagangannya di pinggir jalan. (2) Hal ini dinilai sebagai penyebab kemacetan. (3) Di samping itu, keberadaan PKL juga dianggap menimbulkan kesan semrawut. (4) Penertiban yang berlangsung tanggal 26 Desember itu disambut dengan senang oleh para pengguna jalan.

2.Dua kalimat pendapat pada teks tersebut ditandai dengan nomor...

A. (1) dan (2)

B. (1) dan (4)

C. (2) dan (3)

D. (2) dan (4)

E. (3) dan (4)


Sulit meminta maaf dan sulit memberi maaf sesungguhnya merupakan sifat manusia pada umumnya. Namun, peluang untuk meminta maaf dan memberi maaf pastilah selalu ada. Jika setiap orang bersedia memberi maaf alangkah tentram dan nikmatnya kehidupan di muka bumi ini. Lebih dari itu, apabila setiap orang sadar bahwa memberi maaf itu bahkan lebih mulia nilainya daripada meminta maaf.

3.Pendapat yang tepat sesuai paragraf di atas adalah...

A. Memberi maaf dan meminta maaf merupakan sikap yang baik

B. Meminta maaf lebih mulia daripada memberi

C. Sulit bagi kita meminta maaf lebih dahulu

D. Kita jangan meminta maaf jika tidak bersalah

E. Meminta maaf merupakan sikap yang tidak baik


(1) Setiap kali musim hujan, kota Banda Aceh selalu banjir.( 2) Banjir yang terjadi merusak 100 rumah. (3) Seandainya masyarakat kota tidak membuang sampah sembarangan, hal ini tidak akan terjadi. (4) Sebenarnya anjuran tidak membuang sampah sembarangan ini sudah lama didengung-dengungkan pemerintah kota Banda Aceh tetapi tampaknya berlalu begitu saja.

4.Kalimat yang berisi pendapat dalam paragraf tersebut ditandai dengan nomor...

A. (1) dan (3)  

B. (2) dan (3)   

C. (1) dan (4)

D. (3) dan (4)


(1) Jumlah anak yang turun ke jalan untuk mencari nafkah tampaknya dari hari ke hari akan terus naik. (2) Dari data Kementerian Soial jumlah anak Jalanan pada tahun 1997 masih sekitar 36.000, sekarang menjadi sekitar 232.894. (3) Kenaikan itu dapat dilihat secara kasat mata di perempatan jalan ibu kota maupun dikota kecil. (4) Dengan sangat mudah kita dapat menjumpai lelaki atau perempuan meminta-minta atau mengamen. (5) Fenomena anak jalanan seperti itu sebelum tahun 2000 hanya bisa dilihat di kota besar, seperti Jakarta atau Surabaya.

5.Opini dalam paragraf tersebut terdapat pada kalimat nomor...

A. (1) dan (2 )

B. (1) dan (3)

C. (1) dan (4)

D. (2) dan (4)

E. (2) dan (5)


Tajuk berikut untuk menjawab soal nomor 6 dan 7.

Pendidikan yang dulu diperjuangkan mati-matian oleh para pejuang kemerdekaan agar seluruh rakyat mendapat hak yang sama, ternyata masih milik segolongan orang tertentu. Setiap tahun ajaran baru selalu muncul keganjilan berulang-ulang yakni kebingungan orang tua mencari sekolah untuk anaknya. Ternyata keganjilan itu muncul karena masalah lama belum tuntas. Standardisasi sekolah masih belum jelas sehingga menimbulkan kasta-kasta dalam pendidikan. Sistem kasta tersebut membuat para orang tua berlomba-lomba untuk mendapatkan sekolah berkasta tinggi. Bahkan, mereka rela mengeluarkan biaya besar agar anaknya bisa masuk ke sekolah favorit. Sementara, banyak siswa yang tidak bisa masuk ke sekolah favorit bukan karena kurang pandai melainkan karena mereka tidak mampu membayar biaya sekolah yang tinggi. Inilah ironi pendidikan di Indonesia.

6.Opini penulis dalam tajuk tersebut adalah…

A. Seluruh rakyat mendapatkan hak pendidikan yang sama

B. Pemerataan pendidikan telah diperjuangkan mati-matian

C. Pendidikan masih menjadi milik segolongan orang tertentu

D. Standardisasi pendidikan akan menimbulkan keganjilan

E. Sekolah berkasta tinggi memerlukan biaya yang tinggi


7.Permasalahan opini dalam kutipan tersebut ditujukan kepada…

A. Pemerintah

B. Pendidik

C. Pelajar

D. Orang tua

E. Rakyat


(1) Menurut seorang pengembang, pengembangan agrobisnis dan agroindustri merupakan tuntutan perkembangan logis, (2) Pengembangan telah dilanjutkan sebagai wujud kesinambungan penganekaragaman dan pengalaman pertanian. (3) Telah pula dilaksanakan pengembangan di beberapa wilayah. (4) Hasil yang dicapai mengesankan dan memuaskan.

8.Kalimat pernyataan di atas yang berupa opini terdapat pada nomor...

A. (1) dan (4)

B. (1) dan (3)

C. (2) dan (3)

D. (2) dan (4)

E. (3) dan (4)


Cermati tajuk berikut!

Apakah janji semasa pemilihan presiden hanya berfungsi sebagai penarik simpati? Ataukah janji itu merupakan cita-cita yang muncul dari lubuk hati? Bagaimana kita harus menempatkan janji pemimpin? Yang bijak tentu menilai kinerja pemimpin secara adil. Waktu setahun belum cukup menampilkan hasil yang nyata, lebih-lebih suatu prestasi, apalagi mengingat kondisi yang diwarisi sangat parah. Profesionalisme jelas merupakan modal utama untuk membuat pemerintah berjalan dengan baik. Pekerja profesional membuat tugas dapat dengan mudah terlaksana. Pemerintah kita rupanya tidak cukup  terampil untuk mengikuti kiprah kemajuan yang diperlihatkan Cina dan negara-negara Asia lain yang sudah lebih maju.

9.Opini penulis dalam tajuk tersebut adalah...

A. Janji-janji pada waktu pemilihan hanya merupakan penarik simpati masyarakat

B. Kita hendaknya menagih janji pemimpin jika sudah terpilih dalam pemilihan

C. Hasil yang nyata dari sebuah pemerintah terlihat dari kinerjanya dalam setahun

D. Pemerintah belum mampu mengikuti kiprah kemajuan Cina dan negara-negara Asia lainnya

E. Profesionalisme pemerintah tidak mampu menampilkan hasil yang nyata bagi masyarakat


(1)Aksi corat-coret pakaian dan konvoi sepeda motor mewarnai pengumuman kelulusan bagi siswa SMK pada hari sabtu, 16 juni 2014. (2) Di SMK Kemerdekaan Jakarta, ratusan pelajar mluapkan kegembiraan didepan sekolah sampai meluber ke jalan. (3) Para pelajar membubuhkan tanda tangan dengan spidol dan cat semprot di baju seragam. (4) Sejumlah pelajar mengaku aksi corat-coret merupakan tradisi sejak kakak kelas mereka. (5) Menurut mereka, kebiasaan itu harus dilestarikan karena memberi kenangan yang indah.

10.Kalimat yang mengandung opini pada paragraf di atas adalah...

A. (1) dan (5)

B. (2) dan (3)

C. (2) dan (4)

D. (3) dan (4)

E. (4) dan (5)


TAJUK INI UNTUK PERSOALAN NO 11 dan 12

Bank Dunia mengingatkan beban berat yang ditanggung anggaran pendapatan dan belanja Negara terkait subsidi bahan bakar minyak (BBM). Peringatan itu bukanlah yang pertama. Bahkan, bukan sekadar peringatan juga disertai saran dan jalan keluar. Pemerintah pun bukan tidak menyadari ancaman pembengkakan subsidi itu. Sejak awal, pemerintah telah menugaskan kalangan perguruan tinggi untuk melakukan kajian yang akan dipakai sebagai dasar penetapan kebijakan pengelolaan BBM bersubsidi. Beberapa opsi telah dihasilkan, seperti menaikkan harga dan membatasi pemakaian. Jika pemerintah mengambil opsi menaikkan harga BBM bersubsidi secara terukur disertai kompensasi bagi masyarakat miskin, mungkin lebih bisa diterima masyarakat. Apalagi, jika penghematan anggaran subsidi itu benar-benar untuk alokasi peningkatan anggaran belanja pembangunan infrastruktur.

11.Opini penulis dari tajuk tersebut adalah...

A. Bank dunia harus turun tangan mengatasi masalah BBM bersubsidi di tanah air ini

B. Penghematan anggaran subsidi harus dialokasikan untuk anggaran belanja pembangunan infrastruktur

C. Pemerintah hendaknya menyadari ancaman pembengkakan subsidi di tanah air ini

D. Pemerintah sebaiknya menaikkan harga BBM bersubsidi disertai kompensasi bagi masyarakat miskin

E. Penghematan anggaran subsidi BBM digunakan untuk peningkatan belanja negara


12. Opini permasalahan dalam tajuk tersebut ditujukan kepada...

A. Bank Dunia

B. Perguruan tinggi

C. Pemerintah

D. Pengusaha

E. Masyarakat


Simaklah kutipan tajuk berikut!

1) Musim banjir belum lagi mencapai puncaknya yang diperkirakan berlangsung Januari 2009 mendatang. 2) Akan tetapi, di beberapa tempat di Bandung, ratusan rumah telah terendam banjir. 3) Penyebabnya klasik. 4) Mula-mula hujan turun terus-menerus menyebabkan bertambahnya aliran air di permukaan. 5) Dalam keadaan normal, air itu akan mengikut hukum alam mencari tempat yang lebih rendah. 6) Dalam hal ini, sungai. 7) Dari sana, curahan air mengikuti aliran sungai menuju laut. 8) Tak ada masalah.

13.Kalimat yang merupakan opini adalah kalimat nomor...

A. 1

B. 3

C. 5

D. 7

E. 1 dan 2


Tindak konsiten dan berkelanjutan merupakan tantangan kita. Baru saja dipertontonkan lagi kelemahan kita pada bencana gempa Bengkulu dan sumatera Barat. Bantuan segera diangkat dengan pesawat terbang ke Bengkulu dan padang. Segera pula tampak lewat laporan multimedia keluh kesah warga luar ibu kota provinsi yang belum mendapatkan bantuan. Setelah dua minggu pun keluhan itu masih terdengar dan tampak.

14.Opini pada tajuk tersebut rencana tersbut adalah...

A. Penanganan bencana di negara kita masih lemah

B. Bantuan harus segera dikirimkan kepada korban bencana alam

C. Pemerintah memberikan bantuan kepada korban bencan secara merata

D. Laporan multimedia dapat membantu dalam penanganan bencana

E. Keluhan itu masih terdengar setelah dua minggu


Semburan Baru Muncul di Mindi

Semburan lumpur, air, dan gas baru keluar dari halaman belakang rumah salah seorang penduduk, warga Desa Mindi, Kecamatan Porong, Kabupaten Sidoarjo. Semburan itu merupakan semburan ke-59 yang muncul di sekitar pusat semburan utama.

Menurut seorang ahli dan Leader Team Fergaco, perusahaan yang mengawasi gas-gas berbahaya di sekitar pusat semburan, semburan itu sama dengan 58 semburan liar sebelumnya. Semburan liar itu juga tidak berbahaya dan tidak akan membesar. Kalau dibiarkan semburan itu akan mengecil sendiri. Untuk menutup semburan, hari ini akan dimasukkan 100 kilogram semen ke dalam lubang asal semburan.


15.Opini dalam teks tersebut adalah...

A. Semburan liar itu terjadi di halaman rumah seorang warga.

B. Semburan liar itu tidak berbahaya dan akan mengecil dengan sendirinya.

C. Semburan itu merupakan semburan yang ke-59.

D. umah warga yang terkena semburan terletak di Desa Mindi, Kecamatan Porong, Kabupaten Sidoarjo.

E. Hari ini ke dalam lubang asal semburan dimasukkan 100 kilogram semen.


Kunci Jawaban dan Pembahasan Artikel Opini

1.Jawaban : A

Pembahasan : kalimat pendapat merupakan kalimat berisi pendapat dan berifat subjektif yang memiliki lebih dari satu kemungkinan kebenaran sesuai data pada teks. Kata kunci ... “terasa” (kalimat 1) dan “melebihi...sebelumnya” (kalimat 2)


2.Jawaban : C

Pembahasan : pada paragraf tersebut terdapat opini atau pendapat yaitu kalimat (2). Hal ini dinilai sebagai penyebab kemacetan. (3) Di samping itu, keberadaan PKL juga dianggap menimbulkan kesan semrawut. Kata kuncinya ialan dinilai dan dianggap


3.Jawaban : A

Pembahasan : Karena pada kalimat “Jika setiap orang bersedia memberi maaf alangkah tentram dan nikmatnya kehidupan di muka bumi ini.” Menunjukkan bahwa memberi maaf dan meminta maaf merupakan sikap yang baik.


4.Jawaban : D

Pembahasan : Kata kunci dari pendapat yang menjadi acuan jawaban tersebut adalah kata seandainya nomor (3) dan kata sebenarnya ..dan tampaknya pada kalimat nomor (4) yang merupakan pendapat seseorang,sedangkan nomor (1) dan (2) berisi fakta karena kebenaran tidak terbantahkan kenyataannya yaitu Kota banda Aceh selalu banjir pada musim hujan. Di samping itu,Banjir yang terjadi merusak 100 rumah.


5.Jawaban : C

Pembahasan : Opini adalah suatu pendapat, gagasan, ide atau pemikiran dari seseorang yang tidak pasti kebenaranya dan berbeda-beda pendapat dari 1 orang ke orang lain. Opiniyang terdapat pada kaliamat tersebut pada nomor (1), dan (4). Karena kalimat (1) jumlah anak yang turun ke jalan untuk mencari nafkah “Tampaknya” dari hari ke hari akan terus naik. kata “tampaknya” dalam paragraf (1) menukjukan bahwa kalimat tersebut adalah Opini. Kalimat (4). dikatakan Opinikarana tidak semua orang mengatakan kita akan mudah menjumpai lelaki atau perempuan yang meminta-minta atau pengamen.


6.Jawaban : C

Pembahasan : Opini adalah pendapat, pikiran atau pendirian seseorang tentang sesuatu. Opini penulis dalam tajuk yang sesuai dengan teks tersebut adalahpendidikan masih menjadi milik segolongan orang tertentu


7.Jawaban : A

Pembahasan : Tajuk rencana merupakan karangan pokok/induk artikel dari sebuah surat kabar, majalah, tabloid atau media cetak yang lainnya. Isi tajuk merupakan bagian penting karena di dalamnya mengungkap pokok permasalah yang akan disampaikan oleh penulis kepada pembacanya. Berdasarkan isi tajuk rencana tersebut, permasalahan yang diungkap adalah masalah sistem pendidikan. Tentu saja permasalahan opini dalam kutipan tersebut ditujukan kepada pemerintah.


8.Jawaban : A

Pembahasan : Opini adalah pendapat, pikiran, pendirian. Kalimat nomor (1) dan (4) merupakan opini. Kalimat nomor (2) dan (3) merupakan kalimat fakta.


9.Jawaban : D

Pembahasan : Ciri opini antara lain menggunakan kata-kata seperti mampu, belum mampu, belum cukup, sangat parah, dan sejenisnya. Semua kalimat di dalam tajuk tersebut merupakan opini. Adapun opini yang relevan adalah “Pemerintah belum mampu mengikuti kiprah kemajuan Cina dan negara-negara Asia lainnya.


10.Jawaban : E

Pembahasan : Fakta adalah sesuatu (keadaan atau peristiwa) yang merupakan kenyataan. Sedangkan opini adalah pendapat atau pendirian seseorang tentang sesuatu. Kalimat nomor (1), (2), dan (3) adalah fakta atau kenyataan/benar-benar terjadi. Sedangkan (4) dan (5) hanyalah merupakan pendapat, yakni (4) corat-coret dianggap sebagai tradisi, (5) Menurut mereka…


11.Jawaban : D

Pembahasan : Opini yang hendak disampaikan penulis berkaitan dengan upaya yang sebaiknya dilakukan pemerintah dalam pengelolaan BBM bersubsidi agar tidak membebani anggaran pendapatan dan belanja negara. Hal ini terlihat sejak kalimat pertama yang diperkuat dengan fakta peringatan dari Bank Dunia sampai dengan munculnya opsi. Penulis memberikan masukan kepada pemerintah bahwa jika pemerintah mengambil opsi menaikkan harga BBM bersubsisi secara terukur disertai kompensasi bagi masyarakat miskin, mungkin lebih bisa diterima masyarakat


12.Jawaban : C

Pembahasan : Kalimat pertama yang membicarakan anggaran pendapatan dan belanja negara menunjukkan bahwa yang dituju oleh opini permasalahan dalam tulisan tersebut adalah pemerintah. Secara eksplisit muncul pada kalimat ke-3 dan ke-5


13.Jawaban : A

Pembahasan : Karena kalimatnya masih memperkirakan.


14.Jawaban : A

Pembahasan : Opini yang ingin disampaikan oleh penulis tajuk rencana tersebut adalah kelemahan negara Indonesia menangani bencana. Hal ini terlihat sejak awal paragraph yang diperkuat dengan fakta tidak beresnya penanganan bencana gempa di Bengkulu dan Sumatera Barat.


15.Jawaban : B

Pembahasan : Pendapat atau opini adalah pernyataan yang mengemukakan suatu argumen atau tanggapan mengenai suatu hal. Kalimat yang dikategorikan opini dari wacana tersebut adalah semburan liar itu tidak berbahaya dan akan mengecil dengan sendirinya.

Related Posts

Posting Komentar