Kunci jawaban bisa anda dapatkan dengan cara mendownload pada bagian bawah soal. Jika ada link download yang rusak atau tidak bisa di akses, mohon beritahu kami dan akan segera di update, Terimakasih.

Soal dan Kunci Jawaban Riset Operasi

Posting Komentar

Soal dan Kunci Jawaban Riset Operasi

Riset operasi merupakan bagian penerapan metode, teknik dan peralatan yang bersingungan dengan ilmiah untuk menghadapi masalah yang terjadi pada operasi sebuah perusahaan untuk menemukan sebuah solusi atau pemecahan yang optimal.

Riset operasi juga merupakan salah satu materi yang nantinya akan anda jumpai dalam berbagai aspek pelajaran, seperti ekonomi, dalam jenjang universitas atau sebagai mahasiswa dan sebagai macam.

Memahami materi riset operasi ini terbilang cukup kompleks dikarenakan banyak sekali hal yang dibahas didalamnya, misalnya saja sejara, model, penerapan dan masih banyak lagi.

Namun, anda tidak perlu khawatir. Untuk membantu anda memahami materi ini, kami telah menyediakan soal yang berhubungan dengan riset operasi beserta kunci jawabannya, seperti berikut.

Soal Riset Operasi

1.Aplikasi metode-metode, teknik-teknik dan peralatanilmiah dalam menghadapi masalah-masalah yang timbuldi dalam operasi perusahaan dengan tujuanditemukannya pemecahan yang optimum masalahmasalah tersebut. Teori dari?

A.Kimball

B.Morse

C.Miller dan M.K. Star

D.Morse dan Kimball

E.Churchman, Arkoff dan Arnoff


2.Sebagai metode ilmiah yang memungkinkan paramanager mengambil keputusan mengenai kegiatan yangditangani dengan dasar kuantitatif. Teori dari?

A.Morse dan Kimball

B.Kimball

C.Miller dan M.K. Star

D.Morse

E.Churchman, Arkoff dan Arnoff


3.Sebagai peralatan manajemen yang menyatukan ilmupengetahuan, matematika dan logika dalam kerangkapemecahan masalah-masalah yang dihadapi sehari-hari,sehingga dapat dipecahkan secara optimal. Teori dari?

A.Miller dan M.K. Star

B.Kimball

C.Morse

D.Morse dan Kimball

E.Churchman, Arkoff dan Arnoff


4.Keberhasilan dalam implementasi hasil akhir adalah merupakan hasil kreativitas dari kemampuan pribadi padakelompok yang terlibat dalam riset operasi dalammengambil keputusan. Riset Operasi sebagai?

A.Ilmu

B.Masalah

C.Ciptaan

D.Pandangan

E.Seni


5.Dengan jumlah pemberi pelayanan yang terbatas harusdicapai pemberian pelayanan dalam waktu minimum merupakan?

A.Manfaat TRO

B.Tujuan TRO

C.Visi TRO

D.Sejarah TRO

E.Misi TRO


6.Suatu teknik/metode matematis untuk memecahkan persoalan untuk mendapatkan hasil yang optimal. Riset Operasi sebagai ?

A.Pandangan

B.Ciptaan

C.Ilmu

D.Masalah

E.Seni


7.Riset Operasi merupakan terjemahan bahasa Inggris yaitu?

A.Operation Research

B.Research methods

C.Development method

D.Analysis method

E.Approach to research


8.Metode yang dikembangkan oleh George Dantzig padatahun 1947 adalah untuk memecahkan masalah-masalah dalam Program Linear, sebagai salah satu teknik Riset Operasi?

A.Simpleks dan Matriks

B.Decision Theory

C.Reorder Point

D.Net Work Planning

E.Buffer Stock


9.Merupakan perumusan dan manipulasi sebuah model adalah pengertian dari ?

A.Ilmu

B.Manajemen Sains

C.Manajemen Bisnis

D.Teknik Riset Operasi

E.Seni


10.Yang bukan merupakan langkah-langkah manajemensains yaitu ?

A.Merumuskan masalah

B.Observasi

C.Perumusan Model

D.Pengujian Model Yang Bersangkutan

E.Penerapan


11.Sebuah metode yang digunakan untuk memecahkan masalah pengirimanbarang atau bahan dari beberapa sumber, ke beberapa tempat tujuan denganprinsip biaya pengiriman yang paling minimum, merupakan pengertian dari..


A.Masalah destination

B.Masalah ongkos

C.Masalah supply

D.Masalah transportasi

E.Masalah demand


12.Masing-masing sumber mempunyai kapasitas pengiriman tertentu, sedangkan masing-masing tempat tujuan memiliki batasan-batasan …. tertentu pula.

A.Permintaan

B.Lokasi

C.Persediaan

D.Penerimaan

E.Supply


13.Berikut ini yang bukan merupakan ciri-ciri khusus permasalahan transportasi adalah…

A.Kuantitas komoditas atau barang yang didistibusikan dari setiap sumber danyang diminta oleh setiap tujuan, besarnya tertentu

B.Biaya yang dibebankan pada transportasi tidak terhingga

C.Komoditas yang dikirim atau diangkut dari suatu sumber ke suatu tujuan,besarnya sesuai dengan permintaan dan atau kapasitas sumber

D.Ongkos pengangkutan komoditas dari suatu sumber ke suatu tujuan besarnyatertentu

E.Terdapat sejumlah sumber dan sejumlah tujuan tertentu


14.Berikut ini langkah pemecahan masalah transportasi yang tepat adalah…

A.Perumusan masalah, penentuan alokasi pengiriman, realokasi sampai optimal,tes optimal, jika belum optimal maka lakukan alokasi pengiriman lain

B.Perumusan masalah, penentuan alokasi pengiriman, tes optimal, jika belumoptimal maka lakukan alokasi pengiriman lain, dan realokasi sampai optimal

C.Penentuan alokasi pengiriman, perumusan masalah, realokasi sampai optimal,tes optimal, jika belum optimal maka lakukan alokasi pengiriman lain

D.Penentuan alokasi pengiriman, perumusan masalah, tes optimal, jika belumoptimal maka lakukan alokasi pengiriman lain, dan realokasi sampai optimal

E.Perumusan masalah, tes optimal, jika belum optimal maka lakukan alokasipengiriman lain, realokasi sampai optimal, dan penentuan alokasi pengiriman


15.Merupakan metode untuk menyusun tabel awal dengan cara mengalokasikandistribusi barang mulai dari sel yang terletak pada sudut paling kiri atas,merupakan pengertian dari metode…

A.Metode VAM

B.Metode sudut barat laut

C.Metode sudut timur laut

D.Metode biaya terkecil

E.Least cost corner


Kunci Jawaban Riset Operasi

1. e

2. a

3. a

4. e

5. a

6. c

7. a

8. a

9. b

10. a

11. d

12. a

13. b

14. b

15. b

Related Posts

Posting Komentar