Kunci jawaban bisa anda dapatkan dengan cara mendownload pada bagian bawah soal. Jika ada link download yang rusak atau tidak bisa di akses, mohon beritahu kami dan akan segera di update, Terimakasih.

Soal dan kunci jawaban Teks Editorial

Posting Komentar

Soal dan kunci jawaban Teks Editorial ( +pembahasan )

Teks editorial merupakan materi bahasa indonesia yang tersedia pada jenjang smp dan sma. materi ini akan membahas hal-hal yang terkandung dalam teks editorial, seperti ciri-ciri, kaidah, bentuk dan masih banyak lagi.

memahami materi teks editorial bisa anda lakukan dengan menjawab soal-soal yang berkaitan tentang teks editorial, mau itu soal essay teks editorial atau soal pilihan ganda. kami telah mengumpulkan beberapa soal terkait materi teks editorial yang bisa anda simak dan pahami.


SOAL 1 : Contoh Soal dan Jawaban Teks editorial lengkap

jawaban dari soal dibawah ini bisa anda lihat pada pilihan ganda yang berformat tebal, garis miring dan digaris bawahi pada setiap soal.


1. Perhatikan paragraf berikut!

Dalam acara Indonesia Science Expo (ISE) 2018 banyak peneliti muda yang bermanfaat bagi masyarakat. Salah satunya adalah Christianus Piguno Wardoyo, pelajar tingkat akhir SMA 1 Bantul, Yogyakarta. Christianus menciptakan alat penetasan telur otomatis. Hasil ciptaan Christianus ini bukan untuk mempercepat penetasan telur, melainkan untuk meningkatkan jumlah kesuksesan penetasan telur. Temuan ini mengambil inspirasi dari pengalamannya sebagai anggota keluarga peternak ayam yang sering gagal menetaskan telur ayam.

Berdasarkan teks di atas, Christianus Piguno Wardoyo menciptakan alat penetasan telur otomatis karena ….

A.ingin mempercepat penetasan telus

B.ingin menjadi neneliti muda Indonesia

C.ingin menciptakan alat yang bermanfaat.

D.Ingin memenangi kejuaraan peneliti muda

E.Ingin meningkatkan jumlah penetasan telur

2. Cermati paragraf berikut!

Kita berharap kontestasi politik Pemilu Presiden 2019 lebih banyak diwarnai dengan tawaran program untuk menyelesaikan masalah bangsa. Berkaitan dengan maraknya kasus suap dan korupsi, apa yang mau ditawarkan Presiden Joko Widod-Ma’ruf Amin dan pasangan Prabowo Subianto-Sandiaga Uno. Perdebatan soal substansi lebih penting daripada mendiskusikan soal diksi, seperti tampang Boyolali atau politik sontoloyo.

Paragraf di atas dalam teks editorial merupakan bagian ….

A.Masalah

B.Pernyataan pendapat

C.Analisis masalah

D.Argumentasi

E.Penegasan ulang


3. Cermati pendapat (tesis) berikut!

McKinsey dan Standard Chartered mengatakan bahwa ekonomi Indonesia akan melampaui Jerman dan Inggris pada tahun 2030.

Kalimat argumen yang sesuai untuk mendukung pendapat tersebut adalah …

A.Di sisi lain, pembenahan di sektor riil dan infrastruktur perlu terus dilakukan secara serius guna mendukung arah untuk menjadikan ekonomi Indonesia yang terbesar di Asia Tenggara.

B.Apabila kita mampu mendorong pertumbuhan hingga tujuh persen, jumlah itu bertambah lagi dengan masyarakat menengah mencapa 170 juta orang.

C.Harapan para investor tersebut tentu merupakan peluang dan tantangan bagi Indonesia dan upaya melakukan pendalaman pasar keuangan (financial deepening) menjadi dalam memberikan ragam pilihan investasi.

D.Kekutan terbesar ekonomi Indonesia tidak hanya berupa ekspor yang didukung oleh kekuatan tenaga kerja dan komoditas, tetapi juga kekuatan konsumsi domestik dan jasa-jasa yang menjadi motor penggerak ekonomi nasional.

E.Berbagai perkembangan dari sidang akbar IMF di Tokyo tersebut kembali mengingatkan kita tentang besarnya potensi Indonesia dan sempitnya momentum yang sedang kita lalui saat ini.

4. Cermati paragraf berikut!

Perlu dipahami, ada beberapa bencana yang murni datang dari alam. Dan ada juga bencana yang terjadi atas campur tangan (perilaku) manusia. Ambil contoh banjir.

Alih fungsi lahan yang belakangan marak terjadi adalah salah satu faktor penyumbang parahnya banjir terjadi. Belum lagi dengan kebiasaan buruk masyarakat yang masih sering membuang sampah di sungai. Dan yang terparah adalah rusaknya hutan (vegetasi alami) sebagai daerah resapan.

Risiko dari bencana memang tidak bisa kita hidari. Tapi paling tidak kita masih bisa melakukan manajemen bencana. Caranya dengan tidak melakukan aktivitas yang kian memperburuk kerugian yang terjadi. Belajar untuk bisa menghargai alam dan bijaksanalah terhadap alam. Karena pada hakikatnya manusia dan alam adalah satu kesatuan yang tak bisa terpisahkan.

Pihak yang dituju berdasarkan teks di atas adalah ….

A.Pemerintah

B.Penebang hutan

C.Masyarakat

D.Pemda

E.Pengusaha


5. Perhatikan kutipan tajuk rencana berikut!

Isu sampah tidak hanya terkait dengan program penanggulangan, tetapi juga pola hidup. Tumpukan sampah sebagian dipicu oleh kebiasaan warga. Akibatnya, kita saksikan dalam berbagai wujud: lingkungan kurang sehat, sungai, laut, dan danau kotor tercemar sampah, dan pemandangan kota pun jadi kumuh. Pemerintah dan organisasi swadaya masyarakat sudah banyak berinisiatif untuk menanggulanginya. Namun, selain menuntut kebijakan dan program Pemerintah, masalah sampah plastik sebaiknya juga melibatkan semua warga.

Pandangan penulis dalam tajuk rencana tersebut adalah …

A.Pemandangan kota menjadi kumuh karena sampah di mana-mana.

B.Kebiasaan dan pola hidup warga menimbulkan penumpukan sampah.

C.Lingkungan kurang sehat, sungai, laut dan danau kotor akibat sampah.

D.Pemerintah dan organisasi swadaya masyarakat berinisiatif mengurangi sampah.

E.Selain aksi Pemerintah, masalah sampah sebaiknya juga melibatkan semua warga.


6. Perhatikan paragraf berikut!

Remaja adalah suatu peride transisi dari masa awal anak-anak hingga masa awal dewasa (antara umur 10 hingga 18 tahun). Biasanya, masa ini ditandai dengan perubahan fisik yang cepat, pertambahan berat badan dan tinggi badan yang drastis, serta perubahan bentuk tubuh. Pola makan pada rentan usia ini biasanya cenderung kurang sehat. Parahnya, tidak sedikit dari mereka hobi mengonsumsi makanan cepat saji setiap hari. Makanan cepat saji tersebut termasuk minuman bergula, seperti soda dan makanan ringan tinggi kalori, seperti keripik kentang. Makanan dan minuman tersebut mengandung kandungan gula yang sangat tinggi. Para remaja disarankan untuk memperhatikan pola makannya. Mereka disarankan untuk mengurangi konsumsi minuman ringan dan minuman energi yang mengandung gula tinggi, melakukan sarapan setiap hari, tidak melewatkan makan siang atau makan malam, serta mengurangi konsumsi makanan yang mengandung garam berlebih dan tinggi lemak.

Tanggapan yang logis sesuai dengan pararaf tersebut adalah …

A.Remaja harus membiasakan diri mengonsumsi makanan sehat saat sarapan dan dapat melewatkan makan siang.

B.Remaja yang memiliki pola hidup kurang sehat cenderung mudah menderita berbagai macam penyakit.

C.Remaja harus sarapan dan tidak melewatkan makan siang agar tidak memengaruhi perubahan tubuh.

D.Remaja perlu memperlihatkan pola makan yang sehat agar terhindar dari berbagai penyakit.

E.Remaja dapat mengonsumsi makanan cepat saji dan minuman bersoda, tetapi tidak setiap hari.


7. Cermati paragraf berikut!

Masyarakat di pulau-pulau kecil, perbatasan, dan timur Indonesia harus semakin memanfaatkan merasakan sosial – ekonomi dari pertambahan infrastruktur konektivitas laut. Mobilisasi barang tidak boleh berkutat hanya dari pulau besar ke kecil atau dari barat ke timur. Interaksi antarpulau harus saling menguntungkan dan memuliakan. Oleh karena itu, kita perlu lebih memperkuat lagi industrialisasi perikanan nasional ke depannya.

Tujuan penulis pada paragraf tersebut adalah …

A.memobilisasi barang dan infrastruktur di pulau kecil

B.memaparkan strategi industrialisasi perikanan nasional

C.mengusahakan manfaat sosial-ekonomi bagi masyarakat

D.menjelaskan infrastruktur konektivitas lut di pulau kecil

E.mengajak memperkuat industralisasi perikanan nasional


8. Keberpihakan penulis pada paragraf soal nomor di atas adalah …

A.masyarakat di pesisir

B.masyarakat Indonesia

C.masyarakat di pulau kecil

D.masyarakat di pulau besar

E.masyarakat di Indonesia timur



9. Perhatikan kutipan teks berikut untuk menjawab soal nomor 9 – 11!

1) Perpustakaan moderen dan nyaman diharapkan menggugah kesadaran masyarakatuntuk membaca. 2) Berdasarkan survei UNESCO 2016, minat baca masyarakat Indonesia 0,001 persen. 3) Bisa dikatakan dalam seribu masyarakat hanya ada satu masyarakat yang memiliki minat baca. 4) Kemendikbud menyatakan minat baca literasi masyarakat Indonesia masih sangat tertinggal dari negara lain. 5) Dari sebanyak 61 negara, Indonesia menempati peringkat 60.

Kalimat opini terdapat pada kalimat nomor ….

A.1 dan 2

B.2 dan 3

C.2 dan 4

D.3 dan 4

E.4 dan 5



10. Kalimat fakta terdapat pada kalimat nomor ….

A.1 dan 2

B.1 dan 4

C.2 dan 3

D.2 dan 5

E.3 dan 4


11. Penulisan kata yang tidak baku terdapat pada kalimat nomor ….

A.1

B.2

C.3

D.4

E.5


12. Bacalah paragraf berikut!

Museum Angkut di Batu, Jawa Timur menyajikan berbagai koleksi menarik. Di dalamnya dibagi zona-zona yang membuat traveler merasa seperti di luar negeri. Tujuan didirikannya museum ini adalah merupakan bentuk penghargaan bagi para pecinta moda transportasi di Indonesia. Daya tarik utama museum Angkut adalah suasana museum yang tidak membosankan. Di dalamnya terdapat berbagai macam tema untuk memperkuat karakter tiap-tiap display kendaraan.

Perbaikan kalimat bercetak miring pada paragraf tersebut adalah …

A.Tujuan didirikannya museum ini adalah merupakan bentuk penghargaan bagi para pecinta moda transportasi.

B.Tujuan didirikannya museum ini merupakan bentuk penghargaan bagi para pecinta moda transportasi di Indonesia.

C.Tujuan didirikannya museum ini adalah bentuk penghargaan bagi para pecinta moda transportasi.

D.Tujuan didirikannya museum ini bentuk penghargaan bagi para penghargaan bagi para pecinta moda transportasi di Indonesia.

E.Tujuan didirikannya museum ini murapakan bentuk penghargaan bagi para pecinta moda transportasi.


13. Perhatikan paragraf berikut!

1) Susu kambing merupakan produk hasil peternak yang mempunyai banyak keunggulan serta khasiat. 2) Namun, popularitas susu kambing kalah dengan susu sapi sehingga upaya pengembangan produksi susu kambing kurang diperhatikan. 3) Karena pesatnya dunia informasi melaui internet dan media sosial, informasi mengenai khasiat susu kambing pun cepat tersebar. 4) Oleh karena itu, tingkat konsumsi susu kambing pun terus meningkat. 5) Dengan demikian, saat ini usaha peternakan kambing menjadi salah satu usaha berprospek cerah karena tingginya permintaan susu kambing.

Kata hubung pertentangan terdapat pada kalimat nomor ….

A.1

B.2

C.3

D.4

E.5


14. Pahami paragraf berikut!

Menurut Menteri Kesehatan, Nila Moelok, sanitasi berkaitan erat dengan stunting. Berdasarkan Riset Kesehatan Dasar 2013, satu dari tiga anak di Indonesia menderita stunting. Stunting merupakan kondisi tinggi badan seseorang lebih pendek dari tinggi badan orang lain seusianya. […] permasalahan ini, Indonesia mengalami kerugian ekonomi Rp56,7 triliun per tahun untuk membayar biaya pengobatan […] akomodasi.

Kata penghubung yang tepat untuk melengkapi kalimat keempat paragraf tersebut adalah ….


A.namun, dan

B.sampai, dan

C.karena, dan

D.sebab, atau

E.karena, atau


15. Perhatikan kutipan teks editorial berikut!

(1)Contoh, anak-anak yang nonpenduduk DKI, katakanlah Bekasi, yang ingin masuk ke SMA di Jakarta setelah lulus SMP, diberi kesempatan mengikuti tes hanya satu putaran. (2) Jika dalam satu putaran tes mereka tak lulus, tak ada pilihan yang nyangkut, anak-anak itu selesai. (3) Tak ada kesempatan untuk mengikuti tes lagi sebagaimana anak-anak penduduk DKI. (4) Ke mana mereka akan bersekolah? (5) Tak ada peluang, karena di Bekasi pun mereka ditolak karena SMP asalnya di Jakarta.

Kaidah kebahasaan teks editorial yang tampak pada kutipan tersebut adalah ….


A.adanya pengenalan isu

B.adanya penggunaan argumentasi

C.adanya pemakaian kalimat retoris

D.adanya penggunaan kata kerja material

E.adanya penggunaan konjungsi mempertentangkan



16. Contoh peristiwa yang layak menjadi soroton dalam editorial adalah ….

A.Terjadi tawuran antarkampung di wilayah tengah mengakibatkan beberapa rumah ikut porak poranda.

B.Para siswa merayakan tahun baru bersama dengan mengadakan pentas seni di sekolahnya.

C.Masyarakat Desa Sukamaju melakukan gotong royong dalam membersihkan selokan yang sering tersumbat ketika hujan.

D.Acara kejutan ditiadakan dalam perayaan itu karena dikhawatirkan menimbulkan salah pengertian pada penduduk setempat.

E.Para pengendara bermotor mendapat pelayanan kesehatan gratis setelah mereka terhambat perjalanannya gara-gara sebuah truk yang mogok di Tanjakan Nagreg.


17. Bacalah teks berikut dengan cermat!

Kuatnya budaya matrilineal dalam tradisi Minang adalah akar dari berkembangnya budaya Minang, tidak terkecuali pada […] kekerabatan. Salah satunya adalah kelompok kekerabatan terkecil yang disebut dengan istilah paruik. Paruik adalah susunan masyarakat Minangkabau terkecil. Paruik berasal dari bahasa Minang yang berarti perut. Penamaan paruik bermakna keluarga besar yang semua anggotanya berasal dari ‘satu perut’. Hdup secara komunal dapat menciptakan keadilan bagi seluruh anggota keluarga. Kelompok kekerabatan seperti ini juga bisa berdampak […] bagi pengelolaan tata ruang permukiman. Nilai-nilai kekerabatan dalam budaya Minang masih dijaga dan tetap mengedepankan […] dan kerukunan.

Kata baku yang tepat untuk melengkapi paragraf tersebut adalah …


A.sistem, positif, harmonisasi

B.sistim, positif, harmonik

C.sistem, positive, harmonisasi

D.sistim, positiv, harmonisasi

E.sistem, positif, harmonik


18. Bacalah kutipan teks editorial berikut!

1) Berdasarkan data, sejauh ini KPK telah menangani 169 perkara. 2) Jumlah itu belum termasuk 358 kasus suap. 3) Kasus-kasus suap itu mayoritas berhubungan dengan procurement, baik saat penganggaran maupun saat pelaksanaan pengadaan.

Makna kata ganti penunjuk pada kalimat nomor 2 adalah ….


A.berdasarkan data

B.KPK

C.169 perkara

D.358 kasus suap

E.procurement


19. Bacalah teks berikut!

1)Peredaran narkotika dan obat-obatan terlarang, semakin marak di kalangan generasi penerus bangsa. 2)Buktinya, pada hari Minggu petang petugas menangkap empat siswa yang sedang berpesta sabu-sabu. 3)Mereka mengadakan pesta di salah satu apartemen mewah di sebuah kota besar. 4)Banyak dari mereka terbawa arus zaman dengan cara yang salah. 5)Tanpa piker panjang akhirnya para tunas bangsa ini menyelesaikan masalah dengan mengonsumsi obat-obat terlarang. 6)Uniknya, pelajar yang biasa mendapat pengarahan baik dari guru maupun dari kepolisian saat orientasi siswa justru mulai memakai barang haram ini. 7)Barang haram ini cepat beredar di kalangan pelajar karena anak-anak muda memiliki rasa penasaran yang besar terhadap sesuatu yang baru.

Kalimat yang menggunakan konjungsi kausalitas terdapat pada kalimat nomor ….


A.3

B.4

C.5

D.6

E.7


20. Bacalah teks berikut dengan cermat!

Wakil Presiden M Jusuf Kalla memutuskan 14.000 keluarga pengungsi akan dipindahkan ke hunian sementara paling lambat akhir Desember 2018. Pemerintah mengusulkan sejumlah lokasi di Sulawesi Tengah ditetapkan sebagai zona merah. Zona merah dimaksudkan sebagai wilayah rawan gempa, likuefaksi, dan tsunami yang tidak boleh dihuni kembali.

Apa yang dimaksud dengan makna zona merah …

A.daerah berwarna merah

B.daerah rawan bencana

C.daerah yang dilarang untuk dikunjungi

D.daerah penghasil ikan

E.daerah pengungsian


SOAL 2 : Teks Editorial

Pada soal bagian 2 ini hanya tersedia soal teks editorial dalam jumlah 20 soal pilihan ganda. jadi tidak ada jawaban atau kunci jawaban dan pembahasan. Maka dari itu anda harus menjawab sendiri, memahami sendiri setiap soal hingga menemukan jawaban yang benar. terimakasih.


1. Bacalah Bacalah teks editorial editorial berikut berikut !

Kelulusan ujian nasional (UN) jenjang Kelulusan ujian nasional (UN) jenjang SMA/MA/SMK di SMA/MA/SMK di Merauke, Papua, mencapai 95%. Hanya s Merauke, Papua, mencapai 95%. Hanya saja, hal aja, hal

itu dinilai bukan patokan kualitas kelulusan. Hal itu tidak usah tu tidak usah dibanggakan, ujar Kepala Dinas Pendidi dibanggakan, ujar Kepala Dinas Pendidikan

dan Pengajaran Merauk dan Pengajaran Merauke Vincentius Mekiuw e Vincentius Mekiuw di Merauke, Sabtu (26/5). di Merauke, Sabtu (26/5).

Kalimat Kalimat utama dalah paragraf paragraf diatas adalah ...

a. Kelulusan Kelulusan ujian n ujian nasional ( asional (UN) jenjang UN) jenjang SMA/MA/SMK SMA/MA/SMK di Merauke, Papua, mencapai mencapai 95%.

b. Hanya saja, hal itu dinilai bukan patokan patokan kualitas kualitas kelulusan. kelulusan.

c. Hal itu Hal itu tidak usah tidak usah dibanggakan, dibanggakan, ujar Kepala ujar Kepala Dinas P Dinas Pendidikan endidikan dan Pengajaran engajaran Merauke Vincentius e Vincentius

Mekiuw di Merauke

d. Kelulusan Kelulusan ujian nasi ujian nasional (UN) jenjang UN) jenjang SMA/MA/SMK di SMA/MA/SMK di Merauke, Papu e, Papua, mencapai a, mencapai 85%.

e. Hanya saja, hal itu dinilai dinilai patokan patokan kualitas kualitas kelulusan kelulusan.


2. Bacalah Bacalah teks editorial editorial berikut berikut !

Kelulusan Kelulusan ujian nasional nasional (UN) jenjang jenjang SMA/MA/SMK SMA/MA/SMK di Merauke, Papua, mencapai mencapai 95%. Hanya saja,

hal itu dinilai bukan patokan kualitas kelulusan. Hal itu tidak al itu tidak usah dibanggakan, ujar Kepala Dinas usah dibanggakan, ujar Kepala Dinas

Pendidik Pendidikan dan Pengajar Pengajaran Merauke Vincentius an Merauke Vincentius Mekiuw di Merauke, Sabtu Mekiuw di Merauke, Sabtu (26/5). Menyimak (26/5). Menyimak

pernyat pernyataan di atas aan di atas menguatkan apa yang selama ini menguatkan apa yang selama ini diwacanakan diwacanakan, khususnya saat UN tiba, , khususnya saat UN tiba, yaitu adanya yaitu adanya

kesenjangan taraf pendidikan di Tanah Air. Di wilayah barat, pendidikan relatif maju. Lulusan UN bisa

langsung bersaing secara setara di kancah perguruan tinggi terkenal. Sebaliknya, siswa dari Merauke, ji i terkenal. Sebaliknya, siswa dari Merauke, jika

ingin masuk PTN terkenal, harus ingin masuk PTN terkenal, harus matrikulasi satu ta matrikulasi satu tahun kalau mau setaraf dengan lul hun kalau mau setaraf dengan lulusan setingkat dari usan setingkat dari

Jawa.

Fakta dalam paragraf paragraf diatas ...

a. Di wilayah wilayah barat, pendidikan pendidikan relatif maju.

b. Lulusan Lulusan UN bisa langsu sa langsung bersaing secar saing secara setara di kancah perguruan perguruan tinggi terk tinggi terkenal.

c. Sebaliknya, Sebaliknya, siswa dari siswa dari Merauke, jika ingin e, jika ingin masuk PTN masuk PTN terkenal, terkenal, harus matrik harus matrikulasi satu ulasi satu tahun k tahun kalau mau setaraf dengan lulusan setingkat dari Jawa.

d. Kelulusan Kelulusan ujian nasi ujian nasional (UN) jenjang UN) jenjang SMA/MA/SMK di SMA/MA/SMK di Merauke, Papu e, Papua, mencapai a, mencapai 95%.

e. Menyimak Menyimak pernyat pernyataan di a aan di atas menguatk tas menguatkan apa y an apa yang selama ang selama ini diwaca ini diwacanakan, khus nakan, khususnya saat UN saat UN

tiba, yaitu adanya kesenjangan taraf pendidikan di Tanah Air.


3. Bacalah Bacalah teks editorial editorial berikut berikut !

Dua solusiyang ditawarkan dalam editorial ini adalahyang ditawarkan dalam editorial ini adalah pemanfa pemanfaatan kemajuan teknologi melalui atan kemajuan teknologi melalui

program palapa ring dan belajar dengan pengalaman yang ada.

Sinonim Sinonim dari kata yang bercetak bercetak miring adalah ...

a. Akibat

b. Masalah

c. Jalan keluar

d. Pencapaian

e. Kesimpulan


4. Kelulusan Kelulusan ujian nasional nasional (UN) jenjang SM jenjang SMA/MA/SMK di A/MA/SMK di Merauke, Papua, m apua, mencapai encapai 95%. Han 95%. Hanya

saja, hal itu saja, hal itu dinilai bukan patokan kualit dinilai bukan patokan kualitas kelulusan. Hal itu ti as kelulusan. Hal itu tidak usah dibanggakan, ujar K dak usah dibanggakan, ujar Kepala Dinas epala Dinas

Pendidik Pendidikan dan Pengajar Pengajaran Merauke Vincentius an Merauke Vincentius Mekiuw di Merauke, Sabtu Mekiuw di Merauke, Sabtu (26/5). (26/5).

Kalimat Kalimat langsung langsung dari kalimat kalimat diatas ...

a. “Kelulusan “Kelulusan ujian nasional ujian nasional (UN) jenjang (UN) jenjang SMA/MA/SMK di M SMA/MA/SMK di Merauke, erauke, Papua, mencap Papua, mencapai 95%. Han ai 95%. Hanya saja, ya saja,

hal itu dinilai bukan patokan kualitas kelulusan. Hal itu tidak usah dibanggakan,” ujar Kepala Dinas

Pendidikan dan Pengajaran Merauke Vincentius Mekiuw di Merauke

b. “Kelulusan “Kelulusan ujian nasional ujian nasional (UN) jenjang (UN) jenjang SMA/MA/SMK di SMA/MA/SMK di Merauke, Papua, e, Papua, mencapai 95%. mencapai 95%. Hanya

saja, hal itu saja, hal itu dinilai bukan patokan kualit dinilai bukan patokan kualitas kelulusan. Hal itu ti as kelulusan. Hal itu tidak usah dibanggakan” ujar K dak usah dibanggakan” ujar Kepala Dinas epala Dinas

Pendidikan dan Pengajaran Merauke Vincentius Mekiuw di Merauke

c. “Kelulusan “Kelulusan ujian nasion ujian nasional (UN) al (UN) jenjang SMA/MA/SMK di jenjang SMA/MA/SMK di Merauke, Papua, e, Papua, mencapai 95%. mencapai 95%. Hanya saja,

hal itu dinilai bukan patokan kualitas kelulusan. Hal itu tidak usah dibanggakan.” ujar Kepala Dinas

Pendidikan dan Pengajaran Merauke Vincentius Mekiuw di Merauke

d. menurut Kepala menurut Kepala Dinas Pendi Dinas Pendidikan dan dikan dan Pengajar Pengajaran Merauk an Merauke Vincentius Meki e Vincentius Mekiuw di M uw di Merauke

“Kelulusan ujian nasional (UN) jenjang SMA/MA/SMK di Merauke, Papua, mencapai 95%. Hanya saja, hal

itu dinilai bukan patokan kualitas kelulusan. Hal itu tidak usah dibanggakan.”

e. Menurut Kepala Menurut Kepala Dinas P Dinas Pendidikan d endidikan dan Peng an Pengajaran Mer ajaran Merauke Vincen auke Vincentius Mekiuw d tius Mekiuw di Merauk i Merauke

“Kelulusan ujian nasional (UN) jenjang SMA/MA/SMK di Merauke, Papua, mencapai 95%. Hanya saja, hal

itu dinilai bukan patokan kualitas kelulusan. Hal itu tidak usah dibanggakan,”


5. Perhatikan Perhatikan paragraf paragraf berikut! berikut!

(1) Mari kita (1) Mari kita jadikan pasca-UN sebagai momentum ber jadikan pasca-UN sebagai momentum berbenah. (2) Seb benah. (2) Sebagai bangsa pembelajar bangsa pembelajar, (3) jangan

lagi kita mendengar kabar serupa lagi kita mendengar kabar serupa tahun depan, (4) k tahun depan, (4) karena hakikat pembelajaran adalah arena hakikat pembelajaran adalahdicapain dicapainya

perbaikan, (5) bukan pencapaian yang sama dengan perbaikan, (5) bukan pencapaian yang sama dengan kemarin, apalagi lebih buruk. marin, apalagi lebih buruk.

Kalimat Kalimat ajakan yang terdapat terdapat dalam paragra paragraf diatas ...

a. 1

b. 2 c. 3

d. 4

e. 5


6. Bacalah Bacalah teks editorial editorial berikut berikut !

Meski lulus dengan persentase persentase tinggi, dari kawasan kawasan Indonesia Indonesia timur masih timbul kerisauan kerisauan tentang tentang

bagaimana bersaing dengan lulusan asal Jawa. Ini bagaimana bersaing dengan lulusan asal Jawa. Ini kerisauan yang harus kita pikirkan upaya risauan yang harus kita pikirkan upaya

mengatasinya. Sejumlah putra Indonesia timur, seperti dari Papua atau NTT, berhasil menunjukkan

intelegensia tinggi, seperti intelegensia tinggi, seperti unggul dalam olimpiade  unggul dalam olimpiade sika. Tugas kita berikutnya sika. Tugas kita berikutnya, bagaimana kita , bagaimana kita

menjadikan itu sebagai pola, bukan kasus.

Kesimpulan Kesimpulan yang tepat untuk teks editorial editorial tersebut tersebut ...

a. Upaya menyamak menyamakan persaingan persaingan lulusan lulusan Indonesia Indonesia timur dengan Jawa

b. Lulusa Indonesia Indonesia timur sangat berprestasi berprestasi

c. Banyak ajang yang berhasil berhasil dijuarai dijuarai putra putri Jawa.

d. Upaya pemerintah pemerintah menjadikan menjadikan lulusan lulusan asal Jawa lebih maju daripada daripada Indonesia Indonesia timur

e. Menjadikan Menjadikan pola, bukan kasus.


7. Bacalah Bacalah teks dibawah dibawah ini!

(1) Indonesia dewasa (1) Indonesia dewasa ini dihadapkan pada isu ini dihadapkan pada isu hypercompl hypercomplexity. (2) Hiperkompl Hiperkompleksitas tak jarang eksitas tak jarang

menuntut kecakapan matematik menuntut kecakapan matematika untuk a untuk meresponsny meresponsnya. (3) Padahal, menurut berita, Padahal, menurut berita, banyak

ketidaklulusan UN disebabkan nilai matematika hanya dua. (4) Ini tantangan yang perlu kita jawab

karena matematik karena matematika menjadi a menjadi ilmu pengetahuan dasar bagi pengembangan ilmu pengetahuan dasar bagi pengembangan sains dan sains dan teknologi yang

dibutuhkan di era modern. (5) dibutuhkan di era modern. (5) Pencapaian yang dilak Pencapaian yang dilakukan pemerintah hendaknya sema ukan pemerintah hendaknya semakin membaik, kin membaik,

bukan memburuk dari tahun ke tahun.

Kalimat Kalimat yang tidak padu terdapat terdapat dalam nomor ...

a. 5

b. 4

c. 3

d. 2

e. 1


8. Bacalah Bacalah teks editorial editorial berikut berikut !

(1) Menyimak pernyataan di atas menguatkan apa yang selama selama ini diwacanakan, khususn ini diwacanakan, khususnya saat UN ya saat UN tiba,

yaitu adanya kesenjangan taraf pendidikan di Tanah Air. (2) Di wilayah barat, pendidikan relatif maju. (3)

Lulusan UN bisa langsung Lulusan UN bisa langsung bersaing secara setara di bersaing secara setara di kancah perguruan tinggi te kancah perguruan tinggi terkenal. (4) Sebaliknya, rkenal. (4) Sebaliknya,

siswa dari Merauke, jika ingin masuk siswa dari Merauke, jika ingin masuk PTN terkenal, PTN terkenal, harus matrikulasi satu tahun kalau ma harus matrikulasi satu tahun kalau mau setaraf u setaraf

dengan lulusan setingkat dari Jawa.

Kalimat opini terdapat dalam nomor ...

a. 1

b. 2

c. 3

d. 4

e. 3 dan 4


.. Bacalah Bacalah teks editorial editorial berikut berikut !

REFLEKSI HASIL UJIAN NASIONAL

Kelulusan ujian nasional (UN) jenjang Kelulusan ujian nasional (UN) jenjang SMA/MA/SMK di SMA/MA/SMK di Merauke, Papua, mencapai 95%. Hanya s Merauke, Papua, mencapai 95%. Hanya saja, hal aja, hal

itu dinilai bukan patokan kualitas kelulusan. Hal itu tidak usah tu tidak usah dibanggakan, ujar Kepala Dinas Pendidi dibanggakan, ujar Kepala Dinas Pendidikan

dan Pengajaran Merauk dan Pengajaran Merauke Vincentius Mekiuw e Vincentius Mekiuw di Merauke, Sabtu (26/5). Menyim di Merauke, Sabtu (26/5). Menyimak pernyataan di at ak pernyataan di atas

menguatkan apa yang selama ini menguatkan apa yang selama ini diwacanakan, khususn diwacanakan, khususnya saat UN ya saat UN tiba, yaitu adanya kesenjangan taraf tiba, yaitu adanya kesenjangan taraf

pendidikan di Tanah Air. Di wilayah barat, pendidikan relatif maju. Lulusan UN bisa langsung bersaing

secara setara di kancah perguruan tinggi secara setara di kancah perguruan tinggi terkenal. S terkenal. Sebaliknya, siswa dari ebaliknya, siswa dari Merauke, jika ingin e, jika ingin masuk PTN masuk PTN

terkenal, harus matrikulasi satu tahun kalau mau setaraf dengan lulusan setingkat dari taraf dengan lulusan setingkat dari Jawa.

Berdasarkan Berdasarkan paragra paragraf diatas tema yang tepat adalah ...

a. Kemanusiaan

b. Pendidikan

c. Sosial

d. Kebudayaan

e. Permasalah Permasalah ekonomi ekonomi


10. Bacalah Bacalah kutipan teks editorial editorial berikut! berikut!

Ketika Upah Minimum Minimum Kabupaten Kabupaten (UMK) naik, serta merta daya beli warga dan buruh

meningkat. Pemerintah meningkat. Pemerintah bertugas menjaga bertugas menjaga agar permintaan melonjak permintaan melonjak cepat disikapi disikapi dengan

persediaan persediaan yang cukup. Pemerintah Pemerintah harus bekerja bekerja sama dengan pebisnis. pebisnis. Pebisnis Pebisnis barang kebutuhan kebutuhan

yang saat yang saat ini telah ini telah eksis didorong eksis didorong untuk menambah untuk menambah stok barang. Bila stok barang. Bila mereka enggan untuk

menambah menambah stok barang, barang, pemerintah pemerintah harus buka kran agar pemain baru masuk. Pemerintah Pemerintah jangan

sampai kalah sampai kalah dengan maa, dengan maa, kartel, spekulan, kartel, spekulan, atau sejenisnya yang atau sejenisnya yang memanfaatk memanfaatkan situasi an situasi kenaika kenaikan

upah dengan menaikkan harga. Jika demikian adanya, kesejahteraan buruh tidak akan terjadi. Buruh

tidak akan sempat menikmati tidak akan sempat menikmati jerih payahny jerih payahnya mendapatkan penambahan upah. a mendapatkan penambahan upah.

Fakta yang dikemukakan dikemukakan dalam tajuk rencana rencana di atas adalah …

a. Pebisnis barang Pebisnis barang kebutuhan yang saat kebutuhan yang saat ini telah eksis ini telah eksis didorong untuk menambah stok barang didorong untuk menambah stok barang.

b. Bila mereka enggan untuk menambah menambah stok barang, barang, pemerintah pemerintah harus buka kran agar pemain baru

masuk.

c. Pemerint Pemerintah jangan ah jangan sampai kalah dengan maa, k sampai kalah dengan maa, kartel, spekulan, atau se artel, spekulan, atau sejenisnya. jenisny

d. Jika demikian demikian adanya, adanya, kesejahter kesejahteraan buruh aan buruh tidak akan tidak akan terjadi. terjadi.

e. Buruh tidak akan sempat menikmati menikmati jerih payahnya mendapatkan mendapatkan penambahan penambahan upah.


11. Bacalah Bacalah kutipan teks opini berikut! berikut!

1) Pertambangan batu bara di Indonesia 1) Pertambangan batu bara di Indonesia telah berlan telah berlangsung empat puluh tahun lebih sejak kel gsung empat puluh tahun lebih sejak keluarnya

Undang-Undang Nomor 11 Tahun 1967 tentang pokok-pokok pertambangan yang kemudian diganti

dengan Undang-Undang Pertambangan Mineral dan Batubara Tahun 2009. 2) ara Tahun 2009. 2) Undang-undang ini telah Undang-undang ini telah

menjadi landasan eksploitasi sumber daya mineral dan batu bara n batu bara secara besar-besaran untuk mengejar secara besar-besaran untuk mengejar

pertumbuhan ekonomi. 3) Industri batu bara Indonesia telah a telah berkembang dengan pesat dalam waktu berkembang dengan pesat dalam waktu

singkat.4) Dengan demikian, perubahan undang-undang berdampak positif terhadap pertumbuhan

ekonomi.

Ide pokok paragra paragraf teks opini tersebut tersebut adalah ....

a. Program Program pemerintah d pemerintah dalam mengen alam mengentaskan kemiskinan kemiskinan pastilah pastilah akan terwujud . terwujud .

b. Produksi Produksi batu bar batu bara telah memb a telah membuka lapan uka lapangan kerja untuk par erja untuk para penganggur a pengangguran.

c. Perubahan Perubahan undang-undang undang-undang berdampak berdampak positif t positif terhadap p erhadap pertumbuhan ertumbuhan ekonomi. ekonomi.

d. Perubahan Perubahan undang-undang undang-undang berdampak berdampak negatif t negatif terhadap perk erhadap perkembangan embangan batu bar batu bara.

e. Pertambangan Pertambangan batu bar batu bara di Indonesi a di Indonesia telah b a telah berlangsung empat erlangsung empat puluh t puluh tahun lebih. ahun lebih.


12. Bacalah Bacalah kutipan tekad editorial editorial dibawah dibawah ini!

(1) Pemk (1) Pemkot Depok telah menertibkan 700 P ot Depok telah menertibkan 700 Pedagang Kaki Lima (P edagang Kaki Lima (PKL) yang menggelar dagang KL) yang menggelar dagangannya di annya di

pinggir jalan. (2) Hal ini dinilai sebagai penyebab kemacetan. (3) Di samping itu, keberadaan PKL juga

dianggap menimbulkan kesan semrawut dianggap menimbulkan kesan semrawut. (4) Penertiban yang berlangsung tanggal 26 Penertiban yang berlangsung tanggal 26 Desember itu Desember itu

disambut dengan senang oleh para pengguna jalan.

Dua kalimat kalimat pendapat pendapat pada teks tersebut tersebut ditandai ditandai dengan nomor ....

a. (1) dan (2)

b. (1) dan (4)

c. (2) dan (3)

d. (3) dan (4)

e. (1) dan (3)


13. (1) Selama Mei 2010 ini Aremania Aremania mengumpulkan mengumpulkan dana sumbangan. sumbangan. (2) Dana itu digunakan digunakan

untuk membeli bahan-bahan kebutuhan hidup, seperti beras, gula, teh, kopi, mie gula, teh, kopi, mie instan, dan lain-lain. instan, dan lain-lain.

(3) Setelah itu, (3) Setelah itu, bahan-bahan tersebut mereka bagi-b bahan-bahan tersebut mereka bagi-bagikan ke berbaga agikan ke berbagai panti asuhan. (4) Hal i panti asuhan. (4) Hal itu

membuktikan, Aremania adalah suporter yang memiliki kepedulian sosial.

Gagasan Gagasan utama paragra paragraf diatas adalah . . .

a. (1)

b. (3)

c. (2)

d. (4)

e. (1) dan (4)


14. Musim kompetisi kompetisi 2006/2007 2006/2007 belum juga berakhir berakhir, tetapi Inter Milan sudah mendapatkan mendapatkan pemain

baru. Adalah Ederson Honorato yang berhasil didatangkan juara Liga Italia musim lalu gkan juara Liga Italia musim lalu itu. Sebelumnya, itu. Sebelumnya,

penyerang asal ang asal Brasil itu memperkuat Nice. Ederson yang b Brasil itu memperkuat Nice. Ederson yang berusia 21 erusia 21 tahun itu bergabung dengan Nice tahun itu bergabung dengan Nice

dua musim lalu. Saat dua musim lalu. Saat itu, Inter Milan sebenarnya su itu, Inter Milan sebenarnya sudah berniat membawan dah berniat membawanya ke Stadion San ya ke Stadion San Siro,

namun Nice lebih me namun Nice lebih menjadi pilihan Ederson. Kalimat u njadi pilihan Ederson. Kalimat utama paragraf terse tama paragraf tersebut adalah ... but adalah ...

a. Musim ko Musim kompetisi 2006/2007 belum juga berakh mpetisi 2006/2007 belum juga berakhir, tetapi Inte , tetapi Inter Milan sudah mendapatkan pemai r Milan sudah mendapatkan pemain

baru.

b. Ederson Honor Ederson Honorato sebelumny ato sebelumnya memperkuat Nice, berhasil dida a memperkuat Nice, berhasil didatangkan juar tangkan juara Liga lalu. a Liga lalu.

c. Ederson Honor Ederson Honorato yang berusia 21 t ato yang berusia 21 tahun itu bergabu ahun itu bergabung dengan Nice dua musim l ng dengan Nice dua musim lalu.

d. Inter Milan sebenarn Inter Milan sebenarnya sudah berniat memba ya sudah berniat membawanya k wanya ke Stadion San Siro namun N e Stadion San Siro namun Nice lebih menjadi ice lebih menjadi

pilihan Ederson.

e. Inter Milan sebenarn Inter Milan sebenarnya sudah berniat merekru ya sudah berniat merekrut Ederson Honor t Ederson Honorato, tetapi baru ato, tetapi baru tahun ini ter tahun ini tercapai.


15. Bacalah Bacalah kutipan tajuk rencana rencana berikut! berikut!

(1) Kita (1) Kita pertany pertanyakan keseriusan pemerintah menyediakan infra akan keseriusan pemerintah menyediakan infrastruktu struktur dan sarana transportasi publik, r dan sarana transportasi publik,

khususny khususnya angkutan darat. (2) Sampai a angkutan darat. (2) Sampai kini, belum terlihat u kini, belum terlihat upaya signikan ke arah itu. ( paya signikan ke arah itu. (3) Bahkan, kita Bahkan, kita

melihat kemacetan parah setiap saat di kota-kota besar, khususnya di Jakarta. (4) Kegagalan pemerintah

di sektor transportasi publik itulah pemicu di sektor transportasi publik itulah pemicu konsums konsumsi BBM semakin melonjak. (5) Buktinya, sektor i BBM semakin melonjak. (5) Buktinya, sektor

transportasi dara transportasi darat menyedot 90 t menyedot 90 persen BBM bersubsidi, mobil pribadi persen BBM bersubsidi, mobil pribadi mengonsumsi 53 mengonsumsi 53persen dan persen dan

sepeda motor 40 sepeda motor 40 persen. (6) Menggunakan kendaraan p persen. (6) Menggunakan kendaraan pribadi walau ong ribadi walau ongkos mahal menjadi pilihan kos mahal menjadi pilihan

efektif ketika solusi alternatif bagi masyarak efektif ketika solusi alternatif bagi masyarakat tidak at tidak tersedia. (7) Kita ingatkan, jangan sampai tersedia. (7) Kita ingatkan, jangan sampai pemerint pemerintah ingin menghemat anggaran subsidi ingin menghemat anggaran subsidi demi APBN demi APBN lantas masyar lantas masyarakat berkorban berkali-kali lipat kare akat berkorban berkali-kali lipat karena

kehilang kehilangan kesempatan peningkatan produktivitas, aki an kesempatan peningkatan produktivitas, akibat kela bat kelangkaan BBM ngkaan BBM yang merugi, yang merugi, melainkan melainkan

secara umum pertumbuhan ekonomi pun terhambat.

Masalah Masalah dalam kutipan tajuk rencana rencana tersebut tersebut adalah ...

a. Pemerintah Pemerintah tidak serius dalam menyediak menyediakan infrastruktur d truktur dan sarana transportasi transportasi publik. publik.

b. Kegagalan Kegagalan pemerintah pemerintah di sektor transportasi transportasi publik memicu konsumsi konsumsi BBM sem BBM semakin melonjak. melonjak.

c. Kemacetan lalu Kemacetan lalu lintas parah terlihat pada terlihat pada setiap saat setiap saat di kota-kota kota-kota besar, khususnya khususnya di Jakarta. Jakarta.

d. Pemerintah Pemerintah ingin m ingin menghemat enghemat anggaran anggaran subsidi subsidi APBN, t APBN, tetapi d etapi dalam kenyataannya malah s malah sebaliknya. ebaliknya.

e. Pertumbuhan Pertumbuhan ekonomi ekonomi terhambat terhambat dan terjadi terjadi kelangka kelangkaan BBM karena pemerintah pemerintah menaikkan menaikkan

harga BBM.


16. Bacalah Bacalah kutipan paragra paragraf berikut! berikut!

Puluhan Puluhan hektare hektare tanaman tanaman padi yang telah menguning menguning habis dilalap dilalap banjir. Puluhan Puluhan ribu tanaman tanaman

cabe yang mulai dipetik petani tidak bisa juga terhindar dari dar dari ancaman bencana ini, meski area tanaman ancaman bencana ini, meski area tanaman

sedikit lebih tinggi daripada tanaman padi. Bahkan, tanaman sayuran yang berada di lahan satu meter

lebih tinggi dan lebih tinggi dan tinggal beberapa hari lagi tinggal beberapa hari lagi siap dipanen, juga tergen siap dipanen, juga tergenang air akibat banjir ang air akibat banjir.

Simpulan Simpulan secara generalisasi generalisasi yang sesuai dengan paragraf paragraf di atas adalah . . . .

a. Banjir kali ini telah memusnahkan memusnahkan tanaman tanaman yang siap dipanen. dipanen.

b. Semua tanaman Semua tanaman milik petani tak ada yang tersisa tersisa akibat banjir. banjir.

c. Puluhan Puluhan hektare hektare lahan pertanian pertanian tergenang tergenang air akibat banjir.

d. Lahan pertania pertanian menjadi menjadi korban utama dari bencana bencana bnjir.

e. Tak terhitung terhitung kerugian kerugian yang diderita diderita petani akibat bencana bencana banjir


17. Bacalah Bacalah teks dibawah dibawah ini!

Di era keterbukaan ini, setiap orang Di era keterbukaan ini, setiap orang rasanya tidak perlu takut lagi untuk perlu takut lagi untuk mengemukakan atau mengemukakan atau

mengekspresik mengekspresikan pendapat. Kebebasan berekspresi ini an pendapat. Kebebasan berekspresi ini, bahkan tela , bahkan telah dijamin oleh negara secara h dijamin oleh negara secara

konstitusional. Sayangnya orang masih merasa takut mengemukakan keinginan atau pendapatnya secara

terbuka. Perasaan malu dan takut semacam ini terbuka. Perasaan malu dan takut semacam ini juga sering ditemui di dalam diri siswa di ering ditemui di dalam diri siswa di sekolah, sekolah,

khususny khususnya mereka yang masih a mereka yang masih di usia remaja. di usia remaja.

Akibat rasa malu dan takut untuk mengekspresik mengekspresikan keinginan keinginan dan pendapatny pendapatnya, proses belajar belajar

mengajar mengajar yang interak interaktif sul it dicapai. dicapai. Siswa cenderung cenderung diam daripada daripada membuka membuka perdebatan perdebatan

atau dialo atau dialog dengan guru ma dengan guru maupun dengan upun dengan sesama siswa. sesama siswa. Kondisi semacam Kondisi semacam ini tentu ini tentu saja sangat tidak

kondusif bagi upaya pembelajaran yang bersifat dialogis dan interaktif. Oleh sebab itu,

kemampuan kemampuan asertif perlu ditanamkan ditanamkan dalam d dalam diri sis iri siswa sedini mun edini mungkin.

Yang bukan gagasan gagasan penjela penjelas paragraf paragraf pertama pertama kutipan teks opini di atas adalah…. adalah….

a. Kebebasan Kebebasan berekspresi berekspresi dijamin dijamin negara secara konstitusional titusional

b. Setiap orang tidak perlu takut mengemukakan mengemukakan pendapat pendapat

c. Masih banyak orang takut menyampaikan menyampaikan pendapat secara pendapat secara terbuka terbuka

d. Pada umumnya remaja a remaja merasa m merasa malu dan alu dan takut menyampaik menyampaikan pendapa an pendapat

e. Setiap or Setiap orang tak ang takut berek ut berekspresi a spresi atau men tau menyampaikan yampaikan pendapat pendapat


18. Bacalah Bacalah kutipan teks dibawah dibawah ini!

Aksi mundur Persebaya itu menurut PSSI sebagai tindakan yang nyata-nyata menodai fair play FIFA.

Mengenai sejumlah alasan mundur yang Mengenai sejumlah alasan mundur yang disampaikan Pe disampaikan Persebaya ke PSSI rsebaya ke PSSI itu. Komisi Disiplin menganggap itu. Komisi Disiplin menganggap

tidak ada hal tidak ada hal dapat mengganggu kenyamanan terhadap p dapat mengganggu kenyamanan terhadap pemain dan oc emain dan ocial Persebaya untuk bertanding. ial Persebaya untuk bertanding.

PSSI juga menilai PSSI juga menilai Piala Presiden yang diserahkan ke Piala Presiden yang diserahkan kepada pihak ketiga m pada pihak ketiga merupakan tindakan “ penghinaan” erupakan tindakan “ penghinaan”

terhadap PSSI sebagai lembaga tertingg terhadap PSSI sebagai lembaga tertinggi sepak bola i sepak bola di tanah air di tanah air.

Pendapat y Pendapat yang sesuai dengan edito ang sesuai dengan editorial tersebut adalah… tersebut adalah…

a. Perseba Persebaya mundur ya mundur dari kejuar dari kejuaraan Piala aan Piala Presiden menodai Presiden menodai PSSI

b. Komisi Disiplin Komisi Disiplin akan memberikan hukuman k hukuman kepada Persebaya epada Persebaya

c. Mundurny Mundurnya Persebay a Persebaya menodai Fair Pla a menodai Fair Play FIFA dan “ penghin y FIFA dan “ penghinaan” terhadap PSSI. aan” terhadap PSSI.

d. Persebay Persebaya tidak mau k a tidak mau kenyamanan enyamanan waktu bertandi waktu bertanding terganggu. ng terganggu.

e. PSSI sebagai l PSSI sebagai lembaga tertinggi embaga tertinggi persepakbolaan persepakbolaan Indonesia mer Indonesia merasa terhina. asa terhina.


19. Berikut ini Berikut ini yang merupakan c erupakan contoh p ontoh penggunaan k enggunaan konjungsi k onjungsi kausalitas ausalitas adalah.... adalah....

a. Masyarakat Masyarakat sebagai sebagai konsumen konsumen menjadi terkaget menjadi terkaget kaget karena kenaikan kenaikan tanpa didahului sosialisasi. didahului sosialisasi.

b. Malah boleh jadi ada politisi politisi yang cenderung cenderung bersifa bersifat pencitr t pencitraan.

c. Kenaikan Kenaikan harga itu merupak itu merupakan kado yan ado yang tidak s g tidak simpatik, tidak impatik, tidak bijak, dan bijak, dan tidak logis. tidak logis.

d. Presiden mem Presiden membuat keputusan har eputusan harga elpi ga elpiji 12 kg ji 12 kg yang di yang diumumkan umumkan pada hari pada hari Minggu k Minggu kemarin. emarin.

e. Dalam hal Dalam hal ini, Menk ini, Menko Ekuin o Ekuin dan Ment dan Menteri BUMN tidak eri BUMN tidak tahu, tidak tahu, tidak diberi tahu diberi tahu serta tidak serta tidak dimintai dimintai

pandangan, pendapat, dan pandangan, pendapat, dan pertimbangann pertimbangannya.


20. Berikut Berikut ini yang bukan kalimat argumen adalah...

a. Paket kebijakan kebijakan yang dikeluarkan dikeluarkan pemerintah sebenarnya pemerintah sebenarnya cukup baik.

b. Percepat Percepatan pertumbuhan an pertumbuhan ekonomi ekonomi diperlukan diperlukan untuk mencip untuk menciptakan l takan lapangan k apangan kerja baru. erja baru.

c. Pemerint Pemerintah seharusny ah seharusnya hadir un a hadir untuk meny tuk menyelamatkan d elamatkan dan melindungi an melindungi berbagai bid berbagai bidang indus ang industri.

d. Penganggur Pengangguran pada an pada kuartal kuartal III tahun III tahun 2015 mencapai 2015 mencapai 7,56 juta 7,56 juta orang.

e. Faktor mengh Faktor menghambat n ambat nya ekonomi global nomi global memang iku memang ikut mempengaruhi t mempengaruhi ekonomi ekonomi nasional.

Related Posts

Posting Komentar